Mencari Penghasilan secara Online di Masa Pandemi Ini ? Apa bisa ?

Terlepas ada masa pandemi covid 19 ini atau tidak sebenarnya cara mencari penghasilan secara online ini sudah ada sejak lama mungkin 10-20 tahun yang lalu.

Ada banyak cara sebenarnya. Cuma Freelance Services Marketplace ini yang paling ideal menurut saya. Karena disini kita menjual skill kita entah programming, memasak, menulis, design dan lain-lain. Tentunya bisa dilakukan di rumah secara online dan mendukung program pemerintah untuk mengatasi pandemi convid 19 ini secara #StayAtHome #DiRumahSaja .

Pekerjaan yang ditawarkan pun ber variasi mulai yang micro-jobs hingga yang kelas berat. Jadi tinggal disesuaikan dengan waktu teman-teman.

Sebenarnya mungkin banyak freelance services marketplace yang beredar di dunia maya. Cuma saya hanya tampilkan yang 1 yang dari luar Indonesia dan 1 yang asli buatan Indonesia sekedar buat perbandingan.

1. Fiverr.com.

Mungkin menurut saya inilah Freelance Service Marketplace terbesar di dunia. Karena umumnya freelancer services marketplace kebanyakan hanya terkait dengan IT yakni programming & design. Saya pun dulu beberapa kali pernah mencari tambahan income sebagai menyedia jasa walau lebih sering nya sih saya suka membeli jasa disini karena terus terang terjangkau dan per pekerjaan jadi ngak usah repot recruiment dan fixed cost juga tentunya.

Fiverr

Di Fiverr.com jasa yang disediakan cukup lengkap dan variatif antara lain …

  • Graphic & Design
  • Digital marketing
  • Writing & Translation
  • Video & Animation
  • Music & Video
  • Programming & Tech
  • Business
  • Lifestyle

Ini contoh jasa-jasa yand ditawarkan di Fiverr.com.

Fiverr data entry

Fiverr online lesson

Kelebihan Fiverr adalah marketnya global jadi potensi pembeli jasa temen-temen sangat banyak asalkan temen-temen bisa mengemas produk jasa temen-temen kedalam english secara baik

2. Projects.co.id

Projects.co.id ini merupakan salah satu Freelancer Services Marketplace buatan anak-anak bandung yang sudah cukup lama berdiri. Kalau dibanding fiverr mungkin jenis pekerjaan dan pencari jasa tidak seramai feverr karena marketnya hanya Indonesia saja.

Walau demikian bagi yang tidak terlalu lancar bahasa inggrisnya bisa menggunakaan Projects.co.id karena yah Indonesia bangets !

Projects

Contoh jasa-jasa yang ditawarkan di Projects.co.id

Projects co

Ok saya tertarih nih. Terus mekanisme nya gimana tuh ?

Apapun platform Freelancer Service Marketplace-nya, kurang lebih mekanismenya seperti dibawah ini :

1. Penjual jasa membuat catalog jasa yang akan dijualnya (Freelancer). Jangan lupa branding jasa anda dengan sebaik-baiknya supaya pembeli tertarik ya ^^

2. Pembeli jasa (Pemilik Bisnis) akan membeli jasa Freelancer

3. Freelancer melakukan pekerjaan sesuai dengan yang di sepakatin baik harga dan spesifikasi pekerjaan

4. Pembeli akan melakukan konfirmasi terhadap pekerjaan yang sudah kita lakukan jika sudah selesai

5. Payment dari Freelances Services Marketplace ke Freelancer (penyedia jasa)

Mudah kan ? Ok selamat mencoba ya, lumayan untuk menambah penghasilan tambahan apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × five =