Written by 10:21 PM Entrepreneurship, Keuangan, Trending

Mencari Modal Usaha

Gimana sih mencari modal usaha ? Sebenarnya ini menjadi pertanyaan wajib dari setiap orang yang hendak memulai usaha.

Tulisan ini akan membahas modal usaha atau bisnis berupa uang yah bukan modal dengkul, modal cap cis cus atau modal tampang ^^.

Gimana sih cara mencari modal usaha ? Ini pertanyaan classic dari jaman kuda gigit besi hingga sekarang. Susah susah gampang untuk mendapatkan modal ini.

Saya mengasumsi anda pribadi bukan orang kaya, sultan atau mahluk sejenisnya. Berikut beberapa opsi dimana anda bisa mendapatkan modal usaha atau bisnis anda.

1. Sekolahin asset anda (yang sudah lunas ya !). Sekolahin itu maksudnya digadaikan, contoh anda punya mobil kan ada bpkb nya. Anda bisa gadaikan ke bank untuk mendapatkan pinjaman yang biasa dinamakan kredit dengan agunan.
2. Pinjam ortu ,istri/suami, sodara, temen atau pacar (kalau ada). Tapi memang beresiko terhadap hubungan pribadi dan kekeluargaan jika pinjaman macet T_T
3. Tarik Tunai Kartu Kredit. Anda punya kartu kredit ? nah lakukan tarik tunai. Tapi hati2 kalau anda telat bayar , anda akan terjebak dalam bunga katu kredit yang sangat tinggi. Jadi tolong berhati2 Ya !
4. Kredit Tanpa Agunan (KTA). KTA sangat populer karena mudah proses approvalnya dan bunga lebih rendah dari kartu kredit. Tapi sekali lagi berhati2 lah dan negosiasikan termin dan bunga yang nyaman untuk anda
5. Jual asset anda. Kalau anda ada kelebihan asset. Contoh ada 1 ferrari nganggur, nah bisa tuh dijual buat modal usaha ^^.

Nah kalau pembaca ada ide lain yang kekinian monggo yah di share buat pengetahuan kita bersama.

Disclaimer : segala resiko yang terjadi yang diakibatkan penggunaan opsi 1 hingga opsi 5 yang tidak tepat menjadi tanggung jawab pembaca ^^.

(Visited 17 times, 2 visits today)
Close