Saya mau berbisnis … tapi saya bingung mau bisnis apa ?

Mmm … percaya atau ngak percaya banyak yang nanya seperti itu, mau bisnis tapi bingung mau bisnis apa. Terus gimana donk ?

Baiklah … menurut pengalaman saya ada beberapa cara mencari ide bisnis.

1. Cari Ide Berdasarkan Kebutuhan.

Coba lihat sekeliling wilayah tempat anda tinggal, kira-kira mereka butuh apa sih ? Apa yang belum ada dari kondisi sekarang. Atau yang sudah ada apa yang perlu ditingkatkan.

2. Amati Tiru Modifikasi atau bahasa keren nya ATM.

Ini konsep mencari ide, dengan meniru bisnis yang sudah ada. Tapi … anda melakukan modifikasi baik dari sisi variasi, cara, konsep jualan dll. Jadi tidak jiplak 100%. Metode ini adalah yang paling mudah ^^.

3. Market Research.

Bagi anda suka yang suka mengambil keputusan berdasarkan data, market research (survey pasar) ini bisa juga dilakukan. Baik dengan melakukan survey sendiri atau menggunakan data pihak ketiga. Contoh data BPS (Badan Pusat Statistik), dan data2 lainnnya. Atau bisa juga dengan menggunakan Google Trends.

4. Identifikasi keahlian anda.

Loh maksudnya apa ?

Begini, kadang ide bisnis itu bisa berasal dari hobby, profesi dan skill anda sekarang atau di masa lalu.

Contoh : anda sekarang bekerja sebagai staf akunting. Anda bisa membuat bisnis jasa pembuatan pelaporan keuangan. Jika anda punya hobby masak anda bisa mulai untuk berbisnis kuliner.

5. Franchise.

Ini yang paling gampang dan instan … asal ada modal. Tinggal anda datang ke pameran franchise atau lihat bisnis yg sudah running terus tanyain apakah membuka franchise. Asal punya modal 5-10jt anda sudah bisa memulai bisnis. Semua SOP, dll sudah di siapkan oleh franchisor :).

Dari lima cara tersebut masak sih anda belum bisa juga dapat ide ^^.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 10 =