DAW itu singkatan dari Digital Audio Workstation, sebuah jenis software  untuk merekam, mengedit, aransemen, mixing, mastering file audio seperti lagu, potongan musik, suara manusia, atau efek suara. secara digital melalui perangkat komputer.

Mungkin disebut ‘workstation’ karena si DAW ini sebenarnya sudah mewakili beberapa device hardware yang sering digunakan didalam rekaman analog seperti compressor, amplifier, mixer,synthesizer dll. Jadi device hardware yang di software kan yang beberapa sudah built in di DAW atau pun berupa plugin dari 3rd party. Cukup dengan 1 software kita bisa melakukan banyak pekerjaan audio recording, mixing dan editing.

Digital Audio Workstation (DAW)

DAWs datang dalam berbagai konfigurasi dari program perangkat lunak tunggal pada laptop, untuk unit yang berdiri sendiri terintegrasi, semua cara untuk konfigurasi yang sangat kompleks banyak komponen yang dikendalikan oleh komputer.
Terlepas dari konfigurasi, DAWs modern memiliki antarmuka pusat yang memungkinkan pengguna untuk mengubah dan mencampur beberapa rekaman dan lagu menjadi bagian diproduksi akhir.

Software DAW banyak sekali beredar di pasaran baik yang running di platform Windowds OS atau Mac OS. Beberapa software DAW yang cukup tenar di pasaran Logix Pro X, Ableton, Studio One, Cubase, Nuendo, Pro Tools, FL Studio dan lainnya. Jika ditanya mana DAW mana yang paling bagus susah juga jawabnya. Itu tergantung kebutuhan masing masing, dan semua pasti ada kekurangan dan kelebihannya selain harga :).
Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 1 =